Music


19 Maret 2011

Anggaran PerBANKan




Pada dasarnya tidak ada perbedaan yang mendasar antara anggaran untuk perusahan industri manufacturing dengan industri perbankan. Perbedaan yang ada hanya terletak pada bentuk dan jenis usaha yang dilakukan oleh dunia perbankan yang mempunyai ciri-ciri khusus yang dapat diuraikan sebagai berikut:
- Produk dari industri perbankan berupa jasa di bidang keuangan yang mempunyai bentuk dan dimensi yang beragam.
- Sebagian besar asset bank berupa monetary asset dan disisi lain fisical asset relatif sangat kecil.
- Sebagian besar asset bank berupa current asset sedangkan fixed asset juga relatif kecil.
- Dalam operasinya bank terlibat dengan jenis mata uang asing yang beraneka ragam, dimana mata uang asing tersebut mempunyai nilai yang beraneka ragam dan cepat mengalami perubahan.
- Bank beroperasi dengan cabang yang abanyak dan tersebar dengan area yang luas.
- Uang dalam bisnis perbankan mempunyai dua fungsi, pertama sebagai barang yang diperdagangkan dan yang kedua sebagi alat likuid yang harus dipertahankan dalam bank.

Mengingat adanya berbagai kekhususan yang ada dalam industri perbankan tersebut, maka dalam menyusun anggarannya pun juga memerlukan berbagai pertimbangan, berbagai pendekatan maupun memerlukan teknik dan prosedur yang khusus pula. Hal ini dilakukan karena pendekatan / teknik / prosedur yang biasa digunakan dalam industri manufacturing tidak lagi dapat diterapkan secara utuh dalam penyusunan anggaran di dunia perbankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar